Pages

Browser Yang Bagus

Apa alasan anda tetap setia menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser favorite anda hingga sekarang? Apakah karena itulah browser yang banyak digunakan para penggila maya? Atau kenapa kemudian anda beralih menggunakan browser Google Chrome? Apakah karena mengikuti trend browsing terkini? Atau sebaliknya kenapa anda tetap ngotot bertahan menggunakan browser Internet Explorer? Meskipun browser-browser baru selalu bermunculan dengan kecanggihan fiturnya masing-masing?

Sudahkah anda tahu kenapa sebuah browser lebih digemari dan lebih banyak digunakan dari yang lainnya?

Jawaban singkatnya, tentu saja karena sebuah browser menjadi favorite karena ada kelebihannya dibanding browser yang lain. Sebuah browser menjadi browser favorite karena browser tersebut benar-benar user friendly. Easy to use. Gampang, enak dan nyaman untuk digunakan.

Setidaknya, secara teknis, ada 4 alasan kenapa sebuah browser layak menjadi pilihan:

Pertama, Kecepatan Loading

Meskipun browser bukan satu-satunya ukuran cepat lambatnya loading sebuah halaman web yang hendak dibuka, tapi setidaknya, browser yang lemot jelas sangat mempengaruhi kecepatan aksesnya. Karena itulah sering kali kita mendengar para penggila maya saling mengeluh: “Ah payah bro. Kalau menggunkan browser anu loadingnya lama.” Atau sering juga terdengar mereka saling berseru: “Wah bagus pakai browser anu bos. Apa saja dibuka bisa kencang.”

Kedua, Ketajaman dan Keakuratan Gambar

Meskipun sebuah browser sudah mampu meload atau merambah halaman web situs dengan cepat, tapi jika tampilan gambarnya tidak sempurna, tentu saja penggunanya juga tidak akan bertahan. Misalnya tingkat ketajaman font dan warnanya masih kurang, susunan struktur dan navigasi sebuah situs terlihat berantakan. Atau video yang dibuka tampil tidak sempurna. Atau beberapa fitur yang terdapat pada sebuah situs malah tidak muncul pada sebuah browser, sedang pada browser lain justru tidak ada masalah.

Ketiga, Keamanan

Boleh dikatakan ini termasuk faktor yang menjadi pertimbangan bagi penggila internet tingkat lanjut. Apakah sebuah browser sudah aman untuk digunakan? Apakah sebuah browser sudah mampu memblokir situs-situs yang berbahaya, baik berbahaya terhadap konten dewasa, konten yang mengandung virus dan sejumlah malware? Atau apakah sebuah situs sudah mampu memfalisilitasi proteksi terhadap akun-akun pengguna internet? Atau apakah pada sebuah browser sudah tersedia fitur untuk browsing secara privat, dimana segala privasi pengguna saat browsing bisa disembunyikan?

Keempat, Kekayaan Fitur

Akhirnya, sebuah browser akan selalu dipreteli oleh penggunanya. Apakah pada sebuah browser sudah tersedia banyak fitur yang memanjakan penggemarnya. Misalnya apakah browser tersebut sudah bisa membuka halaman PDF. Apakah sudah bisa menampilkan video tanpa banyak kendala. Apakah sudah leluasa digunakan untuk mendownload dan upload. Apakah sudah bisa digunakan untuk menampilkan fasilitas tambahan seperti kondisi cuaca, gadget flutuasi mata uang, fitur untuk menggambar atau membuat karya desain grafis secara online, memproteksi jenis konten situs yang menyebabkan sebuah halaman web menjadi lambat dibuka. Dan masih banyak lagi. Dalam bahasa teknisnya, ini dikenal dengan istilah addons atau plugin pendukung sebuah browser.

***

Setidaknya itulah beberapa faktor yang menjadi ukuran, apakah sebuah browser layak disebut bagus atau tidak. Akumluasi dari semua itulah yang menentukan, apakah seorang penggila maya akan memilih, pindah atau tetap bertahan dengan sebuah browser. Meskipun pertimbangan itu tidak terucap secara harfiah, tapi secara refleks, semua hal itu diam-diam tetap akan menjadi pertimbangan. 


Daftar Browser Paling Bagus DISNI

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong Bagi Para Komentator Untuk Saling Menghargai